UJIAN AKHIR SEMESTER EKONOMETRIKA

 UJIAN AKHIR SEMESTER 
EKONOMETRIKA

oleh Fajrin Mustika H. 


Uji Normalitas 

One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test

 

Unstandardized Residual

N

26

Normal Parametersa,b

Mean

.0000000

Std. Deviation

2.88366539

Most Extreme Differences

Absolute

.132

Positive

.104

Negative

-.132

Test Statistic

.132

Asymp. Sig. (2-tailed)

.200c,d

a. Test distribution is Normal.

b. Calculated from data.

c. Lilliefors Significance Correction.

d. This is a lower bound of the true significance.

Berdasarkan tabel output SPSS diatas, terlihat bahwa hasil uji normalitas menujukkan level signifikansi lebih besar dari α (α = 0,05) yaitu 0,200 > 0,05 yang berarti bahwa data terdistribusi dengan normal.

  

 

SUM_X1

 

Frequency

Percent

Valid Percent

Cumulative Percent

Valid

17

1

3.8

3.8

3.8

25

1

3.8

3.8

7.7

27

1

3.8

3.8

11.5

29

2

7.7

7.7

19.2

31

1

3.8

3.8

23.1

33

3

11.5

11.5

34.6

34

2

7.7

7.7

42.3

35

2

7.7

7.7

50.0

36

3

11.5

11.5

61.5

37

3

11.5

11.5

73.1

38

1

3.8

3.8

76.9

39

2

7.7

7.7

84.6

40

2

7.7

7.7

92.3

41

2

7.7

7.7

100.0

Total

26

100.0

100.0

 

 

 

SUM_X2

 

Frequency

Percent

Valid Percent

Cumulative Percent

Valid

27

2

7.7

7.7

7.7

28

1

3.8

3.8

11.5

31

2

7.7

7.7

19.2

32

2

7.7

7.7

26.9

34

2

7.7

7.7

34.6

35

3

11.5

11.5

46.2

36

4

15.4

15.4

61.5

37

3

11.5

11.5

73.1

40

1

3.8

3.8

76.9

41

2

7.7

7.7

84.6

43

2

7.7

7.7

92.3

44

2

7.7

7.7

100.0

Total

26

100.0

100.0

 

 

 

SUM_X3

 

Frequency

Percent

Valid Percent

Cumulative Percent

Valid

30

2

7.7

7.7

7.7

33

1

3.8

3.8

11.5

34

1

3.8

3.8

15.4

35

1

3.8

3.8

19.2

37

1

3.8

3.8

23.1

38

2

7.7

7.7

30.8

39

3

11.5

11.5

42.3

40

1

3.8

3.8

46.2

41

1

3.8

3.8

50.0

42

1

3.8

3.8

53.8

43

2

7.7

7.7

61.5

44

2

7.7

7.7

69.2

45

1

3.8

3.8

73.1

46

2

7.7

7.7

80.8

49

2

7.7

7.7

88.5

50

3

11.5

11.5

100.0

Total

26

100.0

100.0

 

 

 

SUM_Y

 

Frequency

Percent

Valid Percent

Cumulative Percent

Valid

27

1

3.8

3.8

3.8

29

3

11.5

11.5

15.4

32

1

3.8

3.8

19.2

34

3

11.5

11.5

30.8

35

2

7.7

7.7

38.5

36

6

23.1

23.1

61.5

37

1

3.8

3.8

65.4

38

1

3.8

3.8

69.2

39

1

3.8

3.8

73.1

41

1

3.8

3.8

76.9

42

1

3.8

3.8

80.8

43

1

3.8

3.8

84.6

44

2

7.7

7.7

92.3

45

2

7.7

7.7

100.0

Total

26

100.0

100.0

 

 

Uji Heterokedastisitas

 

Coefficientsa

Model

Unstandardized Coefficients

Standardized Coefficients

t

Sig.

B

Std. Error

Beta

1

(Constant)

3.933

3.115

 

1.263

.220

SUM_X1

.022

.075

.068

.291

.774

SUM_X2

.035

.109

.098

.317

.754

SUM_X3

-.089

.082

-.304

-1.085

.290

 

a. Dependent Variable: Abs_ut


 
Pada tabel output SPSS diatas, terlihat bahwa hasil perhitungan dari masing-masing variabel menunjukkan level sig > α (0,05)  yaitu 0,774 untuk variabel Celebrity Endorsers,  0,754 untuk variabel Daya Tarik Iklan dan 0,290 untuk variabel Online Customer Reviews, sehingga penelitian ini bebas dari heterokedastisitas dan layak untuk diteliti.


Uji Autokorelasi 

Model Summaryb

Model

R

R Square

Adjusted R Square

Std. Error of the Estimate

Durbin-Watson

1

.828a

.686

.643

3.074

2.164

 

a. Predictors: (Constant), SUM_X3, SUM_X1, SUM_X2

b. Dependent Variable: SUM_Y

Pada tabel output SPSS diatas, diketahui bahwa nilai Durbin-Watson adalah sebesar 2,164 lebih besar dari batas atas (dU) yakni 1,652 dan kurang dari (4-dU) 4 – 1,652 = 2,348. Maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji durbin watson di atas, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat masalah atau gejala autokorelasi. Dengan demikian, maka analisis regresi linear berganda untuk uji hipotesis penelitian di atas dapat dilakukan atau dilanjutkan.


Uji Multikolinearitas


Coefficientsa

Model

95,0% Confidence Interval for B

Correlations

Collinearity Statistics

Lower Bound

Upper Bound

Zero-order

Partial

Part

Tolerance

1

(Constant)

-8.857

13.071

 

 

 

 

SUM_X1

-.003

.525

.447

.401

.245

.772

SUM_X2

-.375

.394

.616

.011

.006

.448

SUM_X3

.321

.899

.781

.683

.523

.542

 

Coefficientsa

Model

Collinearity Statistics

VIF

1

(Constant)

 

SUM_X1

1.295

SUM_X2

2.230

SUM_X3

1.846

 

a. Dependent Variable: SUM_Y

Berdasarkan tabel output spss diatas, diketahui bahwa nilai Tolerance untuk semua variabel independen lebih besar dari 0,10 dan nilai VIF dari semua variabel independen lebih kecil dari 10. Berdasarkan nilai di atas, dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi multikolinearitas.


UJI REGRESI 
Uji t


Coefficientsa

Model

Unstandardized Coefficients

Standardized Coefficients

t

Sig.

Correlations

B

Std. Error

Beta

Zero-order

1

(Constant)

2.107

5.287

 

.399

.694

 

SUM_X1

.261

.127

.279

2.053

.052

.447

SUM_X2

.010

.185

.009

.052

.959

.616

SUM_X3

.610

.139

.711

4.380

.000

.781

 

Coefficientsa

Model

Correlations

Partial

Part

Tolerance

VIF

1

(Constant)

 

 

 

 

SUM_X1

.401

.245

.772

1.295

SUM_X2

.011

.006

.448

2.230

SUM_X3

.683

.523

.542

1.846

 

a. Dependent Variable: SUM_Y

Hasil Analisis

v  Diketahui nilai sig. untuk pengaruh X1 terhadap Y adalah sebesar 0.052 > 0.05 dan nilai t hitung 2.053 < t tabel 2.074 maka Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak berpengaruh dan tidak signifikan antara Celebrity Endorsers (X1) dengan Minat Beli  (Y).

v  Diketahui nilai sig. untuk pengaruh X2 terhadap Y adalah sebesar 0.959 > 0.05 dan nilai t hitung 0.052 < t tabel 2.074 maka Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak berpengaruh dan tidak signifikan antara Daya Tarik Iklan (X2) dengan Minat Beli (Y).

v  Diketahui nilai sig. untuk pengaruh X3 terhadap Y adalah sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai t hitung 4.380 > t tabel 2.037 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara Online Customer Reviews (X3) dengan Minat Beli (Y). 


 UJI F

ANOVAa

Model

Sum of Squares

df

Mean Square

F

Sig.

1

Regression

454.266

3

151.422

16.024

.000b

Residual

207.888

22

9.449

 

 

Total

662.154

25

 

 

 

 

a. Dependent Variable: SUM_Y

b. Predictors: (Constant), SUM_X3, SUM_X1, SUM_X2

Berdasarkan output diatas diketahui nilai signifikasi untuk pengaruh X1, X2, dan X3 secara simultan terhadap Y adalah sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai F hitung 16.024 > F Tabel 3.03 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Celebrity Endorsers (X1), Daya Tarik Iklan (X2), dan Online Customer Reviews (X3) secara simultan terhadap Minat Beli (Y).


UJI R Determinan  

Model Summaryb

Model

R

R Square

Adjusted R Square

Std. Error of the Estimate

Durbin-Watson

1

.828a

.686

.643

3.074

2.164

 

a. Predictors: (Constant), SUM_X3, SUM_X1, SUM_X2

b. Dependent Variable: SUM_Y

Berdasarkan output di atas diketahui nilai Adjusted R Square sebesar 0,643, hal ini berarti bahwa proporsi pengaruh variabel X1, X2, X3 terhadap variabel Y sebesar 64,3%. Artinya, variabel Celebrity Endorsers, Daya Tarik Iklan, Online Customer Reviews memiliki proporsi terhadap Minat beli sebesar 64,3% sedangkan sisanya 35,7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel X1,X2,X3.




Minat Beli = a + b1 Celebrity Endorsers + b2 Daya Tarik Iklan + b3 Online Customer Reviews + e

Minat Beli = 2.107 + 0,261 CelebrityE + 0,010 DayaTarikIklan + 0,610 OnlineReviews + e

T hitung = 0,399 + 2,053 +0,052 + 4,380


F = 16,024    sig = 0,000   R2 = 686 




Komentar