Tugas Ekonometrika


Pengaruh Celebrity Endorsers, Daya Tarik Iklan, dan Online Customer Reviews terhadap Minat Beli E-Commerce Shopee

  1. Tema Penelitian ini adalah Pemasaran
  2. Subyek yang akan diteliti pada penelitian ini adalah Penduduk di Wilayah Surakarta yang pernah melakukan pembelian di E-Commerce Shopee selama 3 bulan terakhir 
  3. Obyek yang akan diteliti adalah aplikasi belanja online Shopee
  4. Jumlah responden sebanyak 26 orang
  5. Waktu penelitian adalah 28 Maret 2021 - 12 April 2021
  6. Teknik data yang digunakan adalah regresi
  7. Variabel yang digunakan terdiri dari :

  • Variabel X1 adalah Celebrity Endorsers
  • Variabel X2 adalah Daya Tarik Iklan
  • Variabel X3 adalah Online Customer Reviews
  • Variabel Y adalah Minat Beli 

 

TABEL INDIKATOR

 

Variabel

 

Notasi

Definisi

Indikator

Reference

Skala

Celebrity Endorsers

X1

Iklan yang menggunakan orang atau tokoh terkenal (public figure) untuk menyampaikan pesan, agar pesan yang disampaikan dapat mencapai perhatian yang lebih tinggi dan dapat diingat.

Kepercayaan

 (Trustworthiness)

 

Shimp, 2010

Ordinal

Keahlian (Expertise)

 

Ordinal

Daya Tarik fisik (Attractiveness)

 

Ordinal

Kredibilitas

 

Belch, 2004

Ordinal

Kekuatan

 

Ordinal

Daya Tarik Iklan

X2

Pendekatan yang digunakan untuk menarik perhatian konsumen dan mempengaruhi perasaan mereka agar membeli suatu produk yang ditawarkan

Efektivitas Iklan

 

Widowati, 2014

Ordinal

Kreativitas Iklan

 

Ordinal

Daya Tarik Iklan

 

Ordinal

Kualitas Pesan Iklan

 

Ordinal

Sikap Terhadap Merek

Ordinal

Online Customer Reviews

X3

Informasi dan Rekomendasi yang dibuat oleh consumer dan disajikan secara online mengenai suatu suatu produk. Informasi ini terdiri dari feedback dengan memberikan evaluasi yang jujur mengenai kelebihan dan kekurangan suatu produk (Park et al, 2007)

Kepercayaan terhadap informasi yang diberikan

 

Damayanti, 2019

Ordinal

Kebenaran informasi yang diberikan

 

Ordinal

Skor atau rating sesuai dengan kualitas barang

 

Ordinal

Seberapa banyak barang di telah direview

 

Ordinal

Rekomendasi Barang

 

Ordinal

Minat Beli

Y

Sesuatu yang berhubungan dengan rencana konsumen untuk membeli produk tertentu serta berapa banyak unit produk yang dibutuhkan pada periode tertentu. (Durianto, 2003)

 

Minat Transaksional

 

Ferdinand, 2006

Ordinal

Minat referensional

 

Ordinal

Minat preferensial

 

 

Ordinal

Minat eksploratif

 

Ordinal

Ketertarikan

 

Rizky & Yasin, 2004

Ordinal

 

 

 

 

DAFTAR PERTANYAAN KUESIONER

 

Variabel Celebrity Endorsers (X1)

1.      Selebriti dapat dipercaya dalam menyampaikan pesan dalam Iklan Shopee 3.3 Fashion Sale (Trustworthiness) = P1

2.      Selebriti terlihat sebagai individu yang dapat diandalkan dalam beriklan (Trustworthiness) = P2

3.      Selebriti sudah berpengalaman dalam membintangi iklan dari produk lain. (Expertise) = P3

4.      Selebriti terampil dalam memperagakan iklan Shopee (Expertise) = P4

5.      Selebriti yang mengiklankan Shopee merupakan selebriti yang disukai masyarakat (Daya Tarik Fisik) = P5

6.      Selebriti yang mengiklankan Shopee berpenampilan menarik dalam iklan Shopee  (Daya Tarik Fisik) = P6

7.      Kemampuan Selebritis merepresentasikan E-Commerce Shopee cukup baik (Kredibilitas) = P7

8.      Selebriti dalam iklan Shopee memiliki kemampuan meyakinkan konsumen untuk berbelanja online di Shopee (Kredibilitas) = P8

9.      Selebriti dalam iklan Shopee dapat meningkatkan image yang baik bagi Shopee (Power) = P9

10.  Penggunaan Brand Ambassador Shopee meningkatkan kepercayaan saya untuk berbelanja di Shopee (Power) = P10

 

Variabel Daya Tarik Iklan (X2)

1.      Iklan Shopee menarik dan komunikatif sehingga membuat saya selalu mengingat iklan tersebut (Efektifitas Iklan) = P11

2.      Pesan Iklan Shopee mudah diingat dan dipahami serta meninggalkan kesan yang menyenangkan (Efektifitas Iklan) = P12

3.      Visualisasi Iklan Shopee sangat menarik untuk dilihat (Kreativitas Iklan) = P13

4.      Visualisasi Iklan Shopee mempengaruhi rasa ingin tahu saya terhadap Shopee (Kreativitas Iklan) = P14

5.      Iklan Shopee memiliki ciri khas tersendiri dan berbeda dari merek lain (Daya Tarik Iklan) = P15

6.      Tagline “Gratis Ongkir” dalam iklan Shopee membuat saya tertarik untuk berbelanja online (Daya Tarik Iklan) = P16

7.      Kejelasan pesan yang terdapat dalam iklan Shopee menarik minat saya untuk berbelanja di Shopee (Kualitas Pesan Iklan) = P17

8.      Pesan yang terdapat dalam iklan Shopee menumbuhkan keinginan saya untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai Shopee (Kualitas Pesan Iklan) = P18

9.      Iklan Shopee cenderung mudah diingat karena memiliki ciri khas tersendiri (Sikap terhadap merek) = P19

10.  Saya memiliki keinginan untuk berbelanja online setelah melihat iklan Shopee (Sikap terhadap merek) = P20

 

Variabel Online Customer Review (X3

1.      Review produk dari konsumen lain menjadi salah satu bahan pertimbangan saya ketika ingin membeli suatu produk. (Kepercayaan terhadap Informasi) = P21

2.      Saya percaya terhadap review produk yang diberikan dari konsumen lain Review suatu produk di Shopee memberikan saya informasi mengenai kelebihan dan kekurangan produk yang diulas. (Kepercayaan terhadap Informasi) = P22

3.      Saya yakin bahwa review produk dari konsumen lain benar-benar berdasarkan pengalaman mereka. (Kebenaran informasi) = P23

4.      Banyaknya ulasan di aplikasi Shopee membantu saya dalam mencari informasi produk yang saya inginkan. (Kebenaran informasi) = P24

5.      Saya percaya bahwa skor atau rating yang diberikan oleh konsumen lain sesuai dengan kualitas barang. (Skor atau rating sesuai dengan kualitas)  = P25

6.      Pemberian skor atau rating pada suatu produk mempengaruhi saya dalam melakukan pembelian (Skor atau rating sesuai dengan kualitas)  = P26

7.      Jumlah review pada suatu barang menunjukkan tingkat kepopuleran barang (Seberapa banyak barang telah direview) = P27

8.      Saya cenderung memilih barang yang memiliki banyak ulasan (Seberapa banyak barang telah direview) = P28

9.      Saya membaca review konsumen lain terlebih dahulu sebelum memutuskan  untuk membeli barang. (Rekomendasi Barang) = P29

10.  Saya cenderung memilih barang berdasarkan review positif dari konsumen lain (Rekomendasi Barang) = P30

 

Variabel Minat Beli

1.      Setelah melihat iklan Shopee saya tertarik untuk berbelanja online di Shopee (Transaksional) = P31

2.      Setelah melihat review online di aplikasi Shopee saya tertarik untuk berbelanja online di Shopee (Transaksional) = P32

3.      Saya akan merekomendasikan Shopee kepada orang lain sebagai aplikasi belanja online (Referensial) = P33

4.      Saya mendapat rekomendasi dari orang lain untuk berbelanja online di Shopee (Referensial) = P34

5.      Shopee menjadi pilihan saya saat berbelanja online (Preferensial) = P35

6.      Saya lebih senang berbelanja online di Shopee dibandingkan merek lain (Preferensial) = P36

7.      Saya akan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai Shopee sebelum melakukan pembelian (Eksploratif) = P37

8.      Saya akan lebih dulu mencari informasi produk yang saya butuhkan melalui Shopee (Eksploratif) = P38

9.      Saya tertarik untuk berbelanja online di Shopee karena tersedia segala macam produk (Ketertarikan) = P39

10.  Saya tertarik untuk berbelanja online di Shopee karena tersedia banyak promo setiap bulannya (Ketertarikan) = P40


 Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas

A.      Uji Validitas Variabel Celebrity Endorsers (X1)

Berikut ini adalah hasil perhitungan uji validitas variabel Celebrity Endorsers dengan 9 item pertanyaan antara lain sebagai berikut :

 

Tabel 1.1

Hasil Uji Validitas Variabel Celebrity Endorsers (X1)

 

Scale Mean if Item Deleted

Scale Variance if Item Deleted

Corrected Item-Total Correlation

Cronbach's Alpha if Item Deleted

P1

30.65

26.555

.686

.895

P2

30.73

24.285

.663

.891

P3

30.42

24.894

.572

.898

P4

30.46

21.698

.800

.880

P5

30.73

22.605

.708

.889

P6

30.38

24.886

.708

.889

P7

30.31

24.382

.611

.895

P8

30.35

25.675

.612

.895

P9

30.42

22.574

.790

.881

 

Berdasarkan tabel 1.1 dapat dilihat bahwa seluruh pertanyaan untuk variabel Celebrity Endorsers memiliki status valid, karena nilai rhitung (Corrected Item-Total Correlation) > r tabel sebesar 0,388

 

B.     Uji Validitas Variabel Daya Tarik Iklan (X2)

Berikut ini adalah hasil perhitungan uji validitas variabel Daya Tarik Iklan dengan 9 item pertanyaan antara lain sebagai berikut :

 

Tabel 1.2

Hasil Uji Validitas Variabel Daya Tarik Iklan (X2)

 

Scale Mean if Item Deleted

Scale Variance if Item Deleted

Corrected Item-Total Correlation

Cronbach's Alpha if Item Deleted

P11

31.73

19.165

.714

.863

P12

31.92

20.394

.661

.869

P13

31.81

19.202

.698

.865

P14

32.12

19.146

.703

.864

P15

31.73

18.765

.671

.867

P17

31.88

19.786

.660

.868

P18

31.81

20.722

.457

.885

P19

31.73

20.125

.612

.872

P20

32.04

19.718

.543

.879

 

Berdasarkan tabel 1.2 dapat dilihat bahwa seluruh pertanyaan untuk variabel Daya Tarik Iklan memiliki status valid, karena nilai rhitung (Corrected Item-Total Correlation) > r tabel sebesar 0,388

 

 

 

C.    Uji Validitas Variabel Online Customer Reviews (X3)

Berikut ini adalah hasil perhitungan uji validitas variabel Online Customer Review dengan 10 item pertanyaan antara lain sebagai berikut :

 

Tabel 1.3

Hasil Uji Validitas Variabel Online Customer Reviews (X3)

 

Scale Mean if Item Deleted

Scale Variance if Item Deleted

Corrected Item-Total Correlation

Cronbach's Alpha if Item Deleted

P21

37.12

30.860

.714

.921

P22

37.28

29.793

.694

.922

P23

37.44

31.090

.686

.922

P24

37.24

32.273

.576

.927

P25

37.48

28.593

.759

.919

P26

37.28

29.960

.781

.917

P27

37.36

30.573

.832

.916

P28

37.24

30.107

.688

.922

P29

37.04

30.873

.757

.919

P30

37.12

30.027

.760

.918

 

Berdasarkan tabel 1.3 dapat dilihat bahwa seluruh pertanyaan untuk variabel Online Customer Reviews memiliki status valid, karena nilai rhitung (Corrected Item-Total Correlation) > r tabel sebesar 0,388

 

D.      Uji Validitas Variabel Minat Beli (Y)

Berikut ini adalah hasil perhitungan uji validitas variabel Minat Beli dengan 9 item pertanyaan antara lain sebagai berikut :

 

Tabel 1.4

Hasil Uji Validitas Variabel Minat Beli

 

Scale Mean if Item Deleted

Scale Variance if Item Deleted

Corrected Item-Total Correlation

Cronbach's Alpha if Item Deleted

P31

33.12

21.443

.392

.918

P32

32.80

18.750

.845

.883

P33

32.84

19.557

.736

.892

P35

32.76

20.440

.669

.897

P36

32.88

19.443

.786

.888

P37

32.84

20.140

.705

.894

P38

32.64

19.240

.750

.890

P39

32.76

20.690

.703

.895

P40

32.72

20.710

.601

.901

 

Berdasarkan tabel 1.4 dapat dilihat bahwa seluruh pertanyaan untuk variabel Minat Beli memiliki status valid, karena nilai rhitung (Corrected Item-Total Correlation) > r tabel sebesar 0,388

E.     Uji Reliabilitas

Uji reliabilitas dilakukan terhadap item pertanyaan yang dinyatakan valid. Koefisien reliabilitas instrumen dimaksudkan untuk melihat konsistensi jawaban pada butir-butir pertanyaan yang diberikan oleh responden. Adapun reliabilitas untuk masing-masing variabel hasilnya disajikan pada tabel berikut ini : 

 

Tabel 2.1

Hasil Uji Reliabilitas Variabel Celebrity Endorsers X1

Reliability Statistics

Cronbach's Alpha

N of Items

.902

9

 

Tabel 2.2

Hasil Uji Reliabilitas Variabel Daya Tarik Iklan X2

Reliability Statistics

Cronbach's Alpha

N of Items

.883

9

 

Tabel 2.3

Hasil Uji Reliabilitas Variabel Online Customer Reviews X3

Reliability Statistics

Cronbach's Alpha

N of Items

.928

10

 

Tabel 2.4

Hasil Uji Reliabilitas Variabel Minat Beli Y

Reliability Statistics

Cronbach's Alpha

N of Items

.906

9

 

Tabel 2.5

Hasil Uji Reliabilitas

No.

Variabel

ralpha

rkritis

Kriteria

1.

Celebrity Endorsers

0,902

0,600

Reliabel

2.

Daya Tarik Iklan

0,883

0,600

Reliabel

3.

Online Customer Reviews

0,928

0,600

Reliabel

4.

Minat Beli

0,906

0,600

Reliabel

 

Berdasarkan tabel 2.5 uji reliabilitas dilakukan terhadap item pertanyaan yang dinyatakan valid. Suatu variabel dikatakan reliabel atau handal jika jawaban terhadap pertanyaan selalu konsisten. Jadi hasil koefisien reliabilitas instrumen Celebrity Endorsers adalah sebesar 0,902. Instrumen Daya Tarik Iklan sebesar 0,883. Instrumen Online Customers Reviews sebesar 0,928 dan instrumen Minat Beli sebesar 0,906. Keempat instrumen tersebut memiliki nilai “Cronbach Alpha” lebih besar dari 0,600 yang berarti keempat instrumen dinyatakan reliabel atau memenuhi persyaratan.

 

Olah Data Ekonometrika


Statistics

 

SUM_X1

SUM_X2

SUM_X3

SUM_Y

N

Valid

26

26

26

26

Missing

0

0

0

0

Mean

34.31

35.85

41.31

36.62

Median

35.50

36.00

41.50

36.00

Mode

33a

36

39a

36

Std. Deviation

5.497

4.953

5.998

5.146

Variance

30.222

24.535

35.982

26.486

Skewness

-1.415

-.020

-.223

.040

Std. Error of Skewness

.456

.456

.456

.456

Kurtosis

2.688

-.575

-.726

-.642

Std. Error of Kurtosis

.887

.887

.887

.887

Minimum

17

27

30

27

Maximum

41

44

50

45

Sum

892

932

1074

952

 

a. Multiple modes exist. The smallest value is shown

Frequency Table

SUM_X1

 

Frequency

Percent

Valid Percent

Cumulative Percent

Valid

17

1

3.8

3.8

3.8

25

1

3.8

3.8

7.7

27

1

3.8

3.8

11.5

29

2

7.7

7.7

19.2

31

1

3.8

3.8

23.1

33

3

11.5

11.5

34.6

34

2

7.7

7.7

42.3

35

2

7.7

7.7

50.0

36

3

11.5

11.5

61.5

37

3

11.5

11.5

73.1

38

1

3.8

3.8

76.9

39

2

7.7

7.7

84.6

40

2

7.7

7.7

92.3

41

2

7.7

7.7

100.0

Total

26

100.0

100.0

 

 

SUM_X2

 

Frequency

Percent

Valid Percent

Cumulative Percent

Valid

27

2

7.7

7.7

7.7

28

1

3.8

3.8

11.5

31

2

7.7

7.7

19.2

32

2

7.7

7.7

26.9

34

2

7.7

7.7

34.6

35

3

11.5

11.5

46.2

36

4

15.4

15.4

61.5

37

3

11.5

11.5

73.1

40

1

3.8

3.8

76.9

41

2

7.7

7.7

84.6

43

2

7.7

7.7

92.3

44

2

7.7

7.7

100.0

Total

26

100.0

100.0

 

 

 

SUM_X3

 

Frequency

Percent

Valid Percent

Cumulative Percent

Valid

30

2

7.7

7.7

7.7

33

1

3.8

3.8

11.5

34

1

3.8

3.8

15.4

35

1

3.8

3.8

19.2

37

1

3.8

3.8

23.1

38

2

7.7

7.7

30.8

39

3

11.5

11.5

42.3

40

1

3.8

3.8

46.2

41

1

3.8

3.8

50.0

42

1

3.8

3.8

53.8

43

2

7.7

7.7

61.5

44

2

7.7

7.7

69.2

45

1

3.8

3.8

73.1

46

2

7.7

7.7

80.8

49

2

7.7

7.7

88.5

50

3

11.5

11.5

100.0

Total

26

100.0

100.0

 

 

 

SUM_Y

 

Frequency

Percent

Valid Percent

Cumulative Percent

Valid

27

1

3.8

3.8

3.8

29

3

11.5

11.5

15.4

32

1

3.8

3.8

19.2

34

3

11.5

11.5

30.8

35

2

7.7

7.7

38.5

36

6

23.1

23.1

61.5

37

1

3.8

3.8

65.4

38

1

3.8

3.8

69.2

39

1

3.8

3.8

73.1

41

1

3.8

3.8

76.9

42

1

3.8

3.8

80.8

43

1

3.8

3.8

84.6

44

2

7.7

7.7

92.3

45

2

7.7

7.7

100.0

Total

26

100.0

100.0

 

 

Histogram

 





Lampiran mengenai hasil kuesioner dan skoring data dapat diakses melalui link berikut ini https://drive.google.com/file/d/13StT0TPnLP3hIzvHFM76zQqMm3SeTDDX/view?usp=sharing 

Komentar