Tugas Ekonometrika
Pengaruh Celebrity Endorsers, Daya Tarik Iklan, dan Online Customer Reviews terhadap Minat Beli E-Commerce Shopee
- Tema Penelitian ini adalah Pemasaran
- Subyek yang
akan diteliti pada penelitian ini adalah Penduduk di Wilayah Surakarta
yang pernah melakukan pembelian di E-Commerce Shopee selama 3 bulan
terakhir
- Obyek yang akan diteliti adalah aplikasi belanja online Shopee
- Jumlah responden sebanyak 26 orang
- Waktu penelitian adalah 28 Maret 2021 - 12 April 2021
- Teknik data yang digunakan adalah regresi
- Variabel yang digunakan terdiri dari :
- Variabel X1 adalah Celebrity Endorsers
- Variabel X2 adalah Daya Tarik Iklan
- Variabel X3 adalah Online Customer Reviews
- Variabel Y adalah Minat Beli
TABEL INDIKATOR
Variabel
|
Notasi |
Definisi |
Indikator |
Reference |
Skala |
Celebrity Endorsers |
X1 |
Iklan
yang menggunakan orang atau tokoh terkenal (public figure) untuk
menyampaikan pesan, agar pesan yang disampaikan dapat mencapai perhatian yang
lebih tinggi dan dapat diingat. |
Kepercayaan (Trustworthiness)
|
Shimp, 2010 |
Ordinal |
Keahlian (Expertise)
|
Ordinal |
||||
Daya Tarik fisik (Attractiveness)
|
Ordinal |
||||
Kredibilitas
|
Belch, 2004 |
Ordinal |
|||
Kekuatan
|
Ordinal |
||||
Daya Tarik Iklan |
X2 |
Pendekatan
yang digunakan untuk menarik perhatian konsumen dan mempengaruhi perasaan
mereka agar membeli suatu produk yang ditawarkan |
Efektivitas Iklan
|
Widowati, 2014 |
Ordinal |
Kreativitas Iklan
|
Ordinal |
||||
Daya Tarik Iklan
|
Ordinal |
||||
Kualitas Pesan Iklan
|
Ordinal |
||||
Sikap Terhadap Merek |
Ordinal |
||||
Online Customer Reviews |
X3 |
Informasi
dan Rekomendasi yang dibuat oleh consumer dan disajikan secara online
mengenai suatu suatu produk. Informasi ini terdiri dari feedback dengan
memberikan evaluasi yang jujur mengenai kelebihan dan kekurangan suatu produk
(Park et al, 2007) |
Kepercayaan terhadap informasi yang
diberikan
|
Damayanti, 2019 |
Ordinal |
Kebenaran informasi yang diberikan
|
Ordinal |
||||
Skor atau rating sesuai dengan kualitas
barang
|
Ordinal |
||||
Seberapa banyak barang di telah direview
|
Ordinal |
||||
Rekomendasi Barang
|
Ordinal |
||||
Minat Beli |
Y |
Sesuatu
yang berhubungan dengan rencana konsumen untuk membeli produk tertentu serta
berapa banyak unit produk yang dibutuhkan pada periode tertentu. (Durianto,
2003)
|
Minat Transaksional
|
Ferdinand, 2006 |
Ordinal |
Minat referensional
|
Ordinal |
||||
Minat preferensial
|
Ordinal |
||||
Minat eksploratif
|
Ordinal |
||||
Ketertarikan
|
Rizky & Yasin, 2004 |
Ordinal |
DAFTAR PERTANYAAN
KUESIONER
Variabel Celebrity Endorsers (X1)
1. Selebriti dapat dipercaya dalam menyampaikan pesan dalam Iklan Shopee 3.3 Fashion Sale (Trustworthiness) = P1
2. Selebriti terlihat sebagai individu yang dapat diandalkan dalam beriklan (Trustworthiness) = P2
3. Selebriti sudah berpengalaman dalam membintangi iklan dari produk lain. (Expertise) = P3
4. Selebriti terampil dalam memperagakan iklan Shopee (Expertise) = P4
5. Selebriti yang mengiklankan Shopee merupakan selebriti yang disukai masyarakat (Daya Tarik Fisik) = P5
6. Selebriti yang mengiklankan Shopee berpenampilan menarik dalam iklan Shopee (Daya Tarik Fisik) = P6
7. Kemampuan Selebritis merepresentasikan E-Commerce Shopee cukup baik (Kredibilitas) = P7
8. Selebriti dalam iklan Shopee memiliki kemampuan meyakinkan konsumen untuk berbelanja online di Shopee (Kredibilitas) = P8
9. Selebriti dalam iklan Shopee dapat meningkatkan image yang baik bagi Shopee (Power) = P9
10. Penggunaan Brand Ambassador Shopee meningkatkan kepercayaan saya untuk berbelanja di Shopee (Power) = P10
Variabel
Daya Tarik Iklan (X2)
1. Iklan Shopee menarik dan komunikatif sehingga membuat saya selalu mengingat iklan tersebut (Efektifitas Iklan) = P11
2. Pesan Iklan Shopee mudah diingat dan dipahami serta meninggalkan kesan yang menyenangkan (Efektifitas Iklan) = P12
3. Visualisasi Iklan Shopee sangat menarik untuk dilihat (Kreativitas Iklan) = P13
4. Visualisasi Iklan Shopee mempengaruhi rasa ingin tahu saya terhadap Shopee (Kreativitas Iklan) = P14
5. Iklan Shopee memiliki ciri khas tersendiri dan berbeda dari merek lain (Daya Tarik Iklan) = P15
6. Tagline “Gratis Ongkir” dalam iklan Shopee membuat saya tertarik untuk berbelanja online (Daya Tarik Iklan) = P16
7. Kejelasan pesan yang terdapat dalam iklan Shopee menarik minat saya untuk berbelanja di Shopee (Kualitas Pesan Iklan) = P17
8. Pesan yang terdapat dalam iklan Shopee menumbuhkan keinginan saya untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai Shopee (Kualitas Pesan Iklan) = P18
9. Iklan Shopee cenderung mudah diingat karena memiliki ciri khas tersendiri (Sikap terhadap merek) = P19
10. Saya memiliki keinginan untuk berbelanja online setelah melihat iklan Shopee (Sikap terhadap merek) = P20
Variabel
Online Customer Review (X3
1. Review produk dari konsumen lain menjadi salah satu bahan pertimbangan saya ketika ingin membeli suatu produk. (Kepercayaan terhadap Informasi) = P21
2. Saya percaya terhadap review produk yang diberikan dari konsumen lain Review suatu produk di Shopee memberikan saya informasi mengenai kelebihan dan kekurangan produk yang diulas. (Kepercayaan terhadap Informasi) = P22
3. Saya yakin bahwa review produk dari konsumen lain benar-benar berdasarkan pengalaman mereka. (Kebenaran informasi) = P23
4. Banyaknya ulasan di aplikasi Shopee membantu saya dalam mencari informasi produk yang saya inginkan. (Kebenaran informasi) = P24
5. Saya percaya bahwa skor atau rating yang diberikan oleh konsumen lain sesuai dengan kualitas barang. (Skor atau rating sesuai dengan kualitas) = P25
6. Pemberian skor atau rating pada suatu produk mempengaruhi saya dalam melakukan pembelian (Skor atau rating sesuai dengan kualitas) = P26
7. Jumlah review pada suatu barang menunjukkan tingkat kepopuleran barang (Seberapa banyak barang telah direview) = P27
8. Saya cenderung memilih barang yang memiliki banyak ulasan (Seberapa banyak barang telah direview) = P28
9. Saya membaca review konsumen lain terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli barang. (Rekomendasi Barang) = P29
10. Saya cenderung memilih barang berdasarkan review positif dari konsumen lain (Rekomendasi Barang) = P30
Variabel
Minat Beli
1. Setelah melihat iklan Shopee saya tertarik untuk berbelanja online di Shopee (Transaksional) = P31
2. Setelah melihat review online di aplikasi Shopee saya tertarik untuk berbelanja online di Shopee (Transaksional) = P32
3. Saya akan merekomendasikan Shopee kepada orang lain sebagai aplikasi belanja online (Referensial) = P33
4. Saya mendapat rekomendasi dari orang lain untuk berbelanja online di Shopee (Referensial) = P34
5. Shopee menjadi pilihan saya saat berbelanja online (Preferensial) = P35
6. Saya lebih senang berbelanja online di Shopee dibandingkan merek lain (Preferensial) = P36
7. Saya akan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai Shopee sebelum melakukan pembelian (Eksploratif) = P37
8. Saya akan lebih dulu mencari informasi produk yang saya butuhkan melalui Shopee (Eksploratif) = P38
9. Saya tertarik untuk berbelanja online di Shopee karena tersedia segala macam produk (Ketertarikan) = P39
10. Saya tertarik untuk berbelanja online di Shopee karena tersedia banyak promo setiap bulannya (Ketertarikan) = P40
Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas
A. Uji
Validitas Variabel Celebrity Endorsers (X1)
Berikut
ini adalah hasil perhitungan uji validitas variabel Celebrity Endorsers
dengan 9 item pertanyaan antara lain sebagai berikut :
Tabel 1.1
Hasil Uji Validitas
Variabel Celebrity Endorsers (X1)
|
Scale Mean if Item Deleted |
Scale Variance if Item Deleted |
Corrected Item-Total Correlation |
Cronbach's Alpha if Item Deleted |
P1 |
30.65 |
26.555 |
.686 |
.895 |
P2 |
30.73 |
24.285 |
.663 |
.891 |
P3 |
30.42 |
24.894 |
.572 |
.898 |
P4 |
30.46 |
21.698 |
.800 |
.880 |
P5 |
30.73 |
22.605 |
.708 |
.889 |
P6 |
30.38 |
24.886 |
.708 |
.889 |
P7 |
30.31 |
24.382 |
.611 |
.895 |
P8 |
30.35 |
25.675 |
.612 |
.895 |
P9 |
30.42 |
22.574 |
.790 |
.881 |
Berdasarkan
tabel 1.1 dapat dilihat bahwa seluruh pertanyaan untuk variabel Celebrity
Endorsers memiliki status valid, karena nilai rhitung (Corrected
Item-Total Correlation) > r tabel sebesar 0,388
B. Uji
Validitas Variabel Daya Tarik Iklan (X2)
Berikut
ini adalah hasil perhitungan uji validitas variabel Daya Tarik Iklan dengan 9
item pertanyaan antara lain sebagai berikut :
Tabel 1.2
Hasil Uji Validitas Variabel Daya Tarik Iklan (X2)
|
Scale Mean if Item Deleted |
Scale Variance if Item Deleted |
Corrected Item-Total Correlation |
Cronbach's Alpha if Item Deleted |
P11 |
31.73 |
19.165 |
.714 |
.863 |
P12 |
31.92 |
20.394 |
.661 |
.869 |
P13 |
31.81 |
19.202 |
.698 |
.865 |
P14 |
32.12 |
19.146 |
.703 |
.864 |
P15 |
31.73 |
18.765 |
.671 |
.867 |
P17 |
31.88 |
19.786 |
.660 |
.868 |
P18 |
31.81 |
20.722 |
.457 |
.885 |
P19 |
31.73 |
20.125 |
.612 |
.872 |
P20 |
32.04 |
19.718 |
.543 |
.879 |
Berdasarkan
tabel 1.2 dapat dilihat bahwa seluruh pertanyaan untuk variabel Daya Tarik
Iklan memiliki status valid, karena nilai rhitung (Corrected Item-Total
Correlation) > r tabel sebesar 0,388
C. Uji
Validitas Variabel Online Customer Reviews (X3)
Berikut
ini adalah hasil perhitungan uji validitas variabel Online Customer Review
dengan 10 item pertanyaan antara lain sebagai berikut :
Tabel 1.3
Hasil Uji Validitas Variabel Online Customer
Reviews (X3)
|
Scale Mean if Item Deleted |
Scale Variance if Item Deleted |
Corrected Item-Total Correlation |
Cronbach's Alpha if Item Deleted |
P21 |
37.12 |
30.860 |
.714 |
.921 |
P22 |
37.28 |
29.793 |
.694 |
.922 |
P23 |
37.44 |
31.090 |
.686 |
.922 |
P24 |
37.24 |
32.273 |
.576 |
.927 |
P25 |
37.48 |
28.593 |
.759 |
.919 |
P26 |
37.28 |
29.960 |
.781 |
.917 |
P27 |
37.36 |
30.573 |
.832 |
.916 |
P28 |
37.24 |
30.107 |
.688 |
.922 |
P29 |
37.04 |
30.873 |
.757 |
.919 |
P30 |
37.12 |
30.027 |
.760 |
.918 |
Berdasarkan
tabel 1.3 dapat dilihat bahwa seluruh pertanyaan untuk variabel Online
Customer Reviews memiliki status valid, karena nilai rhitung (Corrected
Item-Total Correlation) > r tabel sebesar 0,388
D. Uji
Validitas Variabel Minat Beli (Y)
Berikut
ini adalah hasil perhitungan uji validitas variabel Minat Beli dengan 9 item
pertanyaan antara lain sebagai berikut :
Tabel 1.4
Hasil Uji Validitas Variabel Minat Beli
|
Scale Mean if Item Deleted |
Scale Variance if Item Deleted |
Corrected Item-Total Correlation |
Cronbach's Alpha if Item Deleted |
P31 |
33.12 |
21.443 |
.392 |
.918 |
P32 |
32.80 |
18.750 |
.845 |
.883 |
P33 |
32.84 |
19.557 |
.736 |
.892 |
P35 |
32.76 |
20.440 |
.669 |
.897 |
P36 |
32.88 |
19.443 |
.786 |
.888 |
P37 |
32.84 |
20.140 |
.705 |
.894 |
P38 |
32.64 |
19.240 |
.750 |
.890 |
P39 |
32.76 |
20.690 |
.703 |
.895 |
P40 |
32.72 |
20.710 |
.601 |
.901 |
Berdasarkan
tabel 1.4 dapat dilihat bahwa seluruh pertanyaan untuk variabel Minat Beli memiliki
status valid, karena nilai rhitung (Corrected Item-Total
Correlation) > r tabel sebesar 0,388
E. Uji
Reliabilitas
Uji
reliabilitas dilakukan terhadap item pertanyaan yang dinyatakan valid. Koefisien
reliabilitas instrumen dimaksudkan untuk melihat konsistensi jawaban pada butir-butir
pertanyaan yang diberikan oleh responden. Adapun reliabilitas untuk
masing-masing variabel hasilnya disajikan pada tabel berikut ini :
Tabel
2.1
Hasil
Uji Reliabilitas Variabel Celebrity Endorsers X1
Reliability Statistics |
|
Cronbach's Alpha |
N of Items |
.902 |
9 |
Tabel
2.2
Hasil
Uji Reliabilitas Variabel Daya Tarik Iklan X2
Reliability Statistics |
|
Cronbach's Alpha |
N of Items |
.883 |
9 |
Tabel
2.3
Hasil
Uji Reliabilitas Variabel Online Customer Reviews X3
Reliability Statistics |
|
Cronbach's Alpha |
N of Items |
.928 |
10 |
Tabel
2.4
Hasil
Uji Reliabilitas Variabel Minat Beli Y
Reliability Statistics |
|
Cronbach's Alpha |
N of Items |
.906 |
9 |
Tabel
2.5
Hasil
Uji Reliabilitas
No. |
Variabel |
ralpha |
rkritis |
Kriteria |
1. |
Celebrity
Endorsers |
0,902 |
0,600 |
Reliabel |
2. |
Daya
Tarik Iklan |
0,883 |
0,600 |
Reliabel |
3. |
Online
Customer Reviews |
0,928 |
0,600 |
Reliabel |
4. |
Minat
Beli |
0,906 |
0,600 |
Reliabel |
Berdasarkan
tabel 2.5 uji reliabilitas dilakukan terhadap item pertanyaan yang dinyatakan
valid. Suatu variabel dikatakan reliabel atau handal jika jawaban terhadap
pertanyaan selalu konsisten. Jadi hasil koefisien reliabilitas instrumen Celebrity
Endorsers adalah sebesar 0,902. Instrumen Daya Tarik Iklan sebesar 0,883.
Instrumen Online Customers Reviews sebesar 0,928 dan instrumen Minat Beli
sebesar 0,906. Keempat instrumen tersebut memiliki nilai “Cronbach Alpha”
lebih besar dari 0,600 yang berarti keempat instrumen dinyatakan reliabel atau
memenuhi persyaratan.
Olah Data Ekonometrika
Statistics |
|||||
|
SUM_X1 |
SUM_X2 |
SUM_X3 |
SUM_Y |
|
N |
Valid |
26 |
26 |
26 |
26 |
Missing |
0 |
0 |
0 |
0 |
|
Mean |
34.31 |
35.85 |
41.31 |
36.62 |
|
Median |
35.50 |
36.00 |
41.50 |
36.00 |
|
Mode |
33a |
36 |
39a |
36 |
|
Std.
Deviation |
5.497 |
4.953 |
5.998 |
5.146 |
|
Variance |
30.222 |
24.535 |
35.982 |
26.486 |
|
Skewness |
-1.415 |
-.020 |
-.223 |
.040 |
|
Std.
Error of Skewness |
.456 |
.456 |
.456 |
.456 |
|
Kurtosis |
2.688 |
-.575 |
-.726 |
-.642 |
|
Std.
Error of Kurtosis |
.887 |
.887 |
.887 |
.887 |
|
Minimum |
17 |
27 |
30 |
27 |
|
Maximum |
41 |
44 |
50 |
45 |
|
Sum |
892 |
932 |
1074 |
952 |
a.
Multiple modes exist. The smallest value is shown |
Frequency Table
SUM_X1 |
|||||
|
Frequency |
Percent |
Valid Percent |
Cumulative Percent |
|
Valid |
17 |
1 |
3.8 |
3.8 |
3.8 |
25 |
1 |
3.8 |
3.8 |
7.7 |
|
27 |
1 |
3.8 |
3.8 |
11.5 |
|
29 |
2 |
7.7 |
7.7 |
19.2 |
|
31 |
1 |
3.8 |
3.8 |
23.1 |
|
33 |
3 |
11.5 |
11.5 |
34.6 |
|
34 |
2 |
7.7 |
7.7 |
42.3 |
|
35 |
2 |
7.7 |
7.7 |
50.0 |
|
36 |
3 |
11.5 |
11.5 |
61.5 |
|
37 |
3 |
11.5 |
11.5 |
73.1 |
|
38 |
1 |
3.8 |
3.8 |
76.9 |
|
39 |
2 |
7.7 |
7.7 |
84.6 |
|
40 |
2 |
7.7 |
7.7 |
92.3 |
|
41 |
2 |
7.7 |
7.7 |
100.0 |
|
Total |
26 |
100.0 |
100.0 |
|
SUM_X2 |
|||||
|
Frequency |
Percent |
Valid Percent |
Cumulative Percent |
|
Valid |
27 |
2 |
7.7 |
7.7 |
7.7 |
28 |
1 |
3.8 |
3.8 |
11.5 |
|
31 |
2 |
7.7 |
7.7 |
19.2 |
|
32 |
2 |
7.7 |
7.7 |
26.9 |
|
34 |
2 |
7.7 |
7.7 |
34.6 |
|
35 |
3 |
11.5 |
11.5 |
46.2 |
|
36 |
4 |
15.4 |
15.4 |
61.5 |
|
37 |
3 |
11.5 |
11.5 |
73.1 |
|
40 |
1 |
3.8 |
3.8 |
76.9 |
|
41 |
2 |
7.7 |
7.7 |
84.6 |
|
43 |
2 |
7.7 |
7.7 |
92.3 |
|
44 |
2 |
7.7 |
7.7 |
100.0 |
|
Total |
26 |
100.0 |
100.0 |
|
SUM_X3 |
|||||
|
Frequency |
Percent |
Valid Percent |
Cumulative Percent |
|
Valid |
30 |
2 |
7.7 |
7.7 |
7.7 |
33 |
1 |
3.8 |
3.8 |
11.5 |
|
34 |
1 |
3.8 |
3.8 |
15.4 |
|
35 |
1 |
3.8 |
3.8 |
19.2 |
|
37 |
1 |
3.8 |
3.8 |
23.1 |
|
38 |
2 |
7.7 |
7.7 |
30.8 |
|
39 |
3 |
11.5 |
11.5 |
42.3 |
|
40 |
1 |
3.8 |
3.8 |
46.2 |
|
41 |
1 |
3.8 |
3.8 |
50.0 |
|
42 |
1 |
3.8 |
3.8 |
53.8 |
|
43 |
2 |
7.7 |
7.7 |
61.5 |
|
44 |
2 |
7.7 |
7.7 |
69.2 |
|
45 |
1 |
3.8 |
3.8 |
73.1 |
|
46 |
2 |
7.7 |
7.7 |
80.8 |
|
49 |
2 |
7.7 |
7.7 |
88.5 |
|
50 |
3 |
11.5 |
11.5 |
100.0 |
|
Total |
26 |
100.0 |
100.0 |
|
SUM_Y |
|||||
|
Frequency |
Percent |
Valid Percent |
Cumulative Percent |
|
Valid |
27 |
1 |
3.8 |
3.8 |
3.8 |
29 |
3 |
11.5 |
11.5 |
15.4 |
|
32 |
1 |
3.8 |
3.8 |
19.2 |
|
34 |
3 |
11.5 |
11.5 |
30.8 |
|
35 |
2 |
7.7 |
7.7 |
38.5 |
|
36 |
6 |
23.1 |
23.1 |
61.5 |
|
37 |
1 |
3.8 |
3.8 |
65.4 |
|
38 |
1 |
3.8 |
3.8 |
69.2 |
|
39 |
1 |
3.8 |
3.8 |
73.1 |
|
41 |
1 |
3.8 |
3.8 |
76.9 |
|
42 |
1 |
3.8 |
3.8 |
80.8 |
|
43 |
1 |
3.8 |
3.8 |
84.6 |
|
44 |
2 |
7.7 |
7.7 |
92.3 |
|
45 |
2 |
7.7 |
7.7 |
100.0 |
|
Total |
26 |
100.0 |
100.0 |
|
Histogram
Lampiran mengenai hasil kuesioner dan skoring data dapat diakses melalui link berikut ini https://drive.google.com/file/d/13StT0TPnLP3hIzvHFM76zQqMm3SeTDDX/view?usp=sharing
Komentar
Posting Komentar